7 Bahaya Makanan Manis Yang Berlebihan Saat Buka Puasa

Menyantap hidangan manis saat berbuka puasa memang dianjurkan, karena kita perlu memulihkan stamina setelah seharian berpuasa. Namun jika kita mengkonsumsi makanan makanan manis itu secara berlebihan ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja itu? simak penejelasannya :



1. Mengganggu kesehatan jantung
Mengonsumsi gula berlebihan dapat memicu peningkatan HDL dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Jika tidak segera diatasi, maka risiko gagal jantung dan stroke akan meningkat.

2. Membahayakan Organ Hati
Kandungan glukosa dan frukotosa dalam makanan/minuman manis bisa menjadi racun bagi organ hati, karena itu jika ingin hati sehat, kontrol asupan manis ya!

3. Memicu Diabetes Tipe-2
Gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu penyakit diabetes tipe 2. Mengonsumsi makanan atau minuman manis, termasuk salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan/minuman manis karena dapat merugikan kesehatan.

4. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh
Akibat berlebihan mengonsumsi makanan/minuman manis, seseorang akan mengalami kegemukan. Kondisi tersebut juga berakibat pada menurunnya sistem kekebalan tubuh karena terlalu diforsir untuk mengatasi gangguan kesehatan dari dalam akibat kegemukan.

5. Menurunkan kemampuan otak
Konsumsi gula berlebih dapat mempercepat penuaan sel, termasuk sel otak.  Nah, agar fungsi otak tetap optimal, kontrol asupan makanan/minuman manis ya.

6. Membuat berat badan meningkat
Hampir semua makanan dan minuman manis mengandung kalori tinggi, misalnya : minuman bersoda, cake, permen, es krim, dan lain sebagainya. Berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat meningkatkan berat badan dengan cepat, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga.

7. Merusak kesehatan gigi
Makanan atau minuman manis memang nikmat, sayangnya jika berlebihan justru tidak ramah untuk gigi. Selain mempengaruhi warna gigi, makananan/minuman manis dapat memicu kerusakan pada gigi, misalnya : gigi keropos, gigi berlubang, dan lain sebagainya. Namun jika Anda sulit menghindari makanan manis, Anda bisa mengantisipasinya dnegan rajin gosok gigi tiga kali sehari.

sumber: viva
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment