Bagaimana Mengatasi Goresan Halus di Smartphone?

Saya mempunyai smartphone Android dengan pelindung layar Gorilla Glass (Samsung Galaxy Note 4). Ketika diperhatikan dengan detail ternyata ada 2 atau 3 goresan super halus yang terlihat jika layar off dan tersinari pantulan cahaya lampu rumah. 

Bagaimana cara mengatasi goresan halus itu? Sedangkan saat saya coba dengan trik menggunakan pasta gigi atau kayu putih tak mempan sama sekali, berbeda dengan kebanyakan kaca smartphone biasa yg mudah utk diatasi dengan pasta gigi ataupun minyak kayu putih. Adakah solusi untuk mengatasinya? Terima kasih.
Foto: detikINET/Irna Prihandin

Jawaban:

Sebelumnya mari kita mengenal lebih jauh teknologi strengthened glass yang salah satu brand leading-nya kita kenal sebagai gorilla glass. Gorilla glass kira-kira bahasa sederhananya teknologi melapisi kaca dengan bahan kimiawi tertentu sehingga kekuatan kaca ini bertambah, baik terhadap benturan maupun terhadap gores.

Sebenarnya proses ini merubah struktur molekul kaca standar menjadi lebih tinggi densitas nya. Struktur kaca standar kira-kira analoginya seperti kita memasukkan batu kedalam sebuah kotak besar sampai penuh. 

Tetapi kita menyadari banyak rongga atau celah diantara batu. Proses strengthened glass atau memperkuat kaca ini seperti memasukkan kerikil diantara batu-batu tersebut, sehingga celahnya semakin terisi, kemudian memasukkan pasir untuk lebih mengisi celah-celah yang tersisa, membuat isi kotak menjadi padat. 

Kepadatan "mengisi celah" ini yang membuat teknologi kaca sekarang bisa semakin tipis, ringan, tetapi semakin kuat. Kekuatan kaca ini dari segi ketahanan bentur (saat terjatuh) dan tergores bukan tanpa batas. Ketika batas toleransinya terlewati, kaca bisa tergores, retak atau bahkan pecah. Rata-rata ketika jatuh dari ketinggian sepinggang, lapisan gorilla glass 4 ini 80% sanggup menahan layar untuk tidak pecah.

Untuk ketahanan gores biasanya diukur dengan skala kekerasan yang dikenal dengan nama Mohs scale, daritingkat 1 yang berupa serbuk talek hingga tingkat 10 sekeras intan. Sebagai pembanding, rata-rata bahan plastik tergores di tingkat 2-3 Mohs scale, dan layar gorilla glass 4 baru tergores sekitar skala 6. Bahan keramik standarnya tahan di tingkat ke 7.

Banyak yang bertanya mengapa kaca tahan gores ini ketika di test dengan kunci, pisau, dan benda-benda tajam lainnya seperti tahan gores, tetapi setelah lama digunakan walau tidak pernah tergores dengan benda-benda keras dan tajam tersebut akhirnya bisa terlihat goresan halus? Benda tajam dan keras terbuat dari besi yang kekerasannya dalam skala Mohs baru 4-4.5 masih dibawah kekerasan lapisan gorilla glass. 

Tetapikebanyakan kaca atau banyak bahan lain biasanya tetap akan tergores oleh kertas ampelas atau sandpaper, yang sebenarnya "kertas" yang ditaburi bubuk mineral abrasif, dari kaca hingga aluminium oxide. Bahan serbuk atau partikel kecil ini yang biasanya menjadi "musuh" layar kaca kita. 

Serbuk mineral abrasif ini bisa ada dimana saja, di kantung celana kita, di lap pembersih, kotoran yang berterbangan, dll. Seiring lamanya penggunaan dan berulang-ulang kita membersihkan layar, baik diusap ke baju, dengan kain, tissue, disimpan di tas, di kantung, akhirnya bisa saja suatu saat tekanan tertentu membuat bubuk mineral yang menempel ini tertekan dan menggores kaca.

Karena kekerasan kaca gorilla glass berbeda dengan kaca standar, penggunaan pasta seperti pasta gigi tidak akan membantu, walau pasta gigi yang memiliki sifat abrasif bisa membantu untuk membersihkan lensa kamera smartphone yang buram, jika pelapis lensa tersebut terbuat dari plastik. 

Layar smartphone selain diperkuat dengan lapisan gorilla glass, biasanya juga memiliki lapisan oleophobic, yang membuat kaca terlihat tidak mudah menempel bekas sidik jari. 

Seiring waktu pemakaian dan banyaknya kita membersihkan layar smartphone, lapisan ini lama-lama menghilang dan layar akan mudah terlihat lebih mudah kotor. 

Dengan mencoba membersihkan layar dengan banyak larutan pembersih, mempercepat proses ini. Goresan halus yang terjadi pada layar gorilla glass sulit untuk dihilangkan dengan cara abrasif, atau mencoba menghaluskannya dengan bahan tertentu (seperti kita meng-ampelas permukaan kayu yang kasar). 

Cara yang bisa dicoba untuk membuatnya lebih tidak terlihat adalah dengan memberikan kaca pelapis yang sering dikenal dengan tempered glass yang sekarang umum dipakai sebagai screen protector. 

Menambah tempered glass pada layar gorilla glass yang memiliki goresan halus tidak berarti menghilangkan goresan tersebut, tetapi dengan adanya lapisan tersebut, lapisan perekat dan bias cahaya pantulan pada tempered glass bisa menutupi bagian yang tergores sehingga tidak mudah terlihat. (jsn/fyk)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment